Adalah proses pemberian bantuan secara sistematis dan intensif kepada mahasiswa dalam rangka pengembangan pribadi studi dan karirnya yang dilakukan oleh dosen Penasehat Akademik (PA). kegiatan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam mewujudkan potensi dirinya secara optimal baik untuk kepentingan dirinya maupun tuntutan lingkungan secara konstruktif maupun memecahkan persoalan yang dihadapi secara realistis, dan mampu mengambil keputusan mengenai berbagai pilihan secara rasional. agar dapat melaksanakan keputusan secara kongkrit dan bertanggung jawab, maka mahasiswa perlu merumuskan rencana akademik, karir, dan rencana hidup (peta hidup) yang mendukung perannya sebagai orang dewasa.

Bimbingan dan konseling secara umum berfungsi:

  1. Pencegahan, yaitu membantu mahasiwa untuk menghindari kemungkinan terjadinya masalah.
  2. Perbaikan, yaitu membantu mahasiswa memperbaiki kondisinya yang kurang memadai.
  3. Penyaluran, yaitu membantu mahasiswa menyalurkan kegiatan yang dpaat menunjang perkembangan dirinya pada lingkungan yang menunjang.
  4. Pengembangan, yaitu membantu mahasiswa mengembangkan dirinya secara maksimal.
  5. Penyesuaian, yaitu membantu mahasiswa dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Bagi Mahasiswa yang ingin melakukan Bimbingan dan Konseling dapat menghubungi Dosen Pensasehat Akademik (PA) atau ke Direktorat Kemahasiswaan dengan menghubungi Bu Wulan selaku Bagian Konseling.