Tujuan pendidikan tinggi yang utama adalah mengembangkan potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa. Dengan demikian, melalui fasilitasi perguruan tinggi, Mahasiswa sebagai insan dewasa harus dapat mengembangkan potensi secara maksimal agar dapat memenuhi tuntutan sebagaimana diuraikan di dalam tujuan pendidikan tinggi. Mahasiswa diharapkan memiliki kecerdasan komprehensif, yang tidak hanya didapatkan atau menekuni ilmu dalam bidangnya saja (hard skills), tetapi juga harus beraktivitas untuk mengembangkan soft skills-nya.

Oleh karenanya di tiap perguruan tinggi harus senantiasa melakukan identifikasi mahasiswa yang berprestasi secara komprehensif dan yang terbaik perlu diberi penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi. Untuk mendorong hal tersebut Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan setiap tahun menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres), yaitu sebuah kegiatan untuk memilih atau mencari dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

a. Peserta
Peserta Pilmapres adalah mahasiswa aktif program Sarjana yang terdaftar pada
PD-DIKTI di perguruan tinggi di bawah pembinaan Kementerian Riset,
Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

untuk persyaratan dan pedoman PILMAPRES bisa klik : http://pilmapres.ristekdikti.go.id/file/pendukung/2017/PEDOMAN_PILMAPRES_SARJANA_2017.pdf

bagi mahasiswa yang ingin mengetahui lebih informasi bisa langsung datang ke Direktorat Kemahasiswaan dengan menghubungi Bu Wulan selaku Bagian Konseling.