• Bahasa Indonesia
  • English

Penerimaan Proposal PKM 2021 (Gelombang Terakhir)

Assalamu’alaikum. Salam sejahtera untuk kita semua.

Terlebih dahulu disampaikan terimakasih atas dukungan, partisipasi dan kotribusi pimpinan (universitas, fakultas, Prodi), dosen, Tendik dan mahasiswa  terhadap kegiatan PKM (ajang kompetisi kreativitas mahasiswa tingkat nasional).

Untuk mencapai prestasi terbaik berbagai langkah sudah ditempuh, mulai sosialiasi, Bimtek, kompetisi internal (mulai Agustus 2020). Alhamdulillah sudah terhimpun 704 proposal  (FT 321 proposal; FEB 122 proposal; Fasilkom 107 proposal; FDSK 89 proposal; Fikom 49 proposal; dan FPsi 25 proposal)

dari semua fakultas/Prodi, meskipun berdasarkan hasil review internal (oleh tim reviewer yang dibentuk dengan SK Rektor  No:  ) yang memenuhi standar kualitas belum mencapai 50 persen.

Read More

Masa Bimbingan Mahasiswa Baru Angkatan 2020

Masa Bimbingan (Mabim) mahasiswa baru angkatan 2020 diselenggarakan selama tiga hari, berlangsung mulai 15 – 17 Februari 2021. Hari pertama sesi pertama (pagi) diikuti mahasiswa Fakultas Psikologi; sesi kedua (siang) diikuti mahasiswa Fakultas Desain dan Seni Kreatif. Hari kedua masing-masing diikuti oleh mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Komputer; serta hari ketiga diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Dalam kegiatan Mabim yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom dan Youtube tersebut, para Sarjana 2024 dan Ahli Madya 2023 diperkenalkan dengan unit-unit yang ada di lingkungan Universitas Mercu Buana, mulai dari Biro Perpustakaan, Direktorat Kerjasama Internasional dan Inovasi, Pusat Kewirausahaan, Pusat Karir, Lab Psikologi Konseling, Bagian Pembinaan Lingkungan, Bagian Pengendalian Kegiatan, Bagian Beasiswa dan Program Unggulan. Dengan demikian diharapkan setiap mahasiswa mendapat informasi untuk memudahkan proses pembelajarannya. (Aa2021).

 

Read More

PERAYAAN NATAL 2020 PMK UMB

Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) Universitas Mercu Buana mengadakan kegiatan Ibadah Perayaan Natal dengan tema “Immanuel, God With Us” pada hari Sabtu, 23 Januari 2021. Acara ini berlangsung mulai dari pukul 15.30 WIB sampai dengan pukul 18.20 WIB melalui Aplikasi Zoom Meeting. PMK Mercu Buana mengambil tema ini untuk mengingatkan setiap manusia bahwa Allah akan selalu berserta kita, tidak akan meninggalkan kita sendirian, memberikan kekuatan di tengah-tengah masalah hidup dan kekurangan kita dan bahwa selalu ada penghiburan bagi orang-orang percaya. Guna memenuhi kegiatan perayaan natal, PMK Mercu Buana juga mengadakan Dana Bantuan Sosial pada hari Sabtu, 23 Januari 2021 melalui Aplikasi Zoom Meeting. Dana bantuan sosial merupakan kegiatan untuk membantu sesama tanpa mengharapkan imbalan apapun. Tujuan dari kegiatan ini adalah berbagi berkat dengan sesama, mengembangkan iman Kristiani, dan mempererat hubungan persaudaraan dan kekeluargaan antar anggota PMK dan juga sesama. Penyerahan simbolis donasi ini disimboliskan oleh Ketua Pelaksana kepada Perwakilan dari Panti Asuhan Abigail, Ibu Hadmini yang dilaksanakan tepat pertengahan acara setelah Firman Tuhan yang dibawakan oleh Ps. Christofer C. Tapiheru selaku pembicara dalam Ibadah Natal PMK Mercu Buana. Sasaran Dana bantuan sosial dari kegiatan PMK ini adalah Panti Asuhan Abigail Tangerang Selatan, Banten. Selain melibatkan mahasiswa PMK Mercu Buana, anak-anak panti asuhan, bantuan sosial kali ini dihadiri oleh perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Mercu Buana, perwakilan tamu undangan dari Universitas lain, Alumni mahasiswa Universitas Mercu Buana dan dosen yang memberikan kontribusi dengan memberikan kata sambutan dan turut hadir selama acara berlangsung.

Acara juga diisi oleh penampilan dari pengurus PMK Mercu Buana dan Panitia Kegiatan Perayaan Natal ini yaitu dengan mempersembahkan lagu pujian. Selain itu, salah satunya dengan adanya games dan giveaway berhadiah berupa saldo ovo/dana/gopay yang dapat diikuti oleh seluruh jemaat yang hadir termasuk anak-anak dari Panti Asuhan Abigail.

Acara kemudian ditutup dengan pemberian hadiah kepada masing-masing pemenang games dan giveaway. Acara ini memberikan kesan yang mendalam bagi semua jemaat yang hadir, tidak hanya bagi anak-anak Panti Asuhan, kakak-kakak alumni, tapi juga bagi perwakilan tamu undangan. Kami berharap acara seperti ini dapat terus dikembangkan dan diteruskan pada tahun-tahun selanjutnya.

 

 

Read More

Musyawarah Besar Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Mercu Buana 2020/2021

Teknik Industri periode 2020/2021 merupakan upaya organisasi Ikatan Mahasiswa Teknik Industri (IMTI) untuk menentukan dan menetapkan AD/ART dan GBHO yang sudah ada sebelumnya. Sebagaimana kita ketahui, bahwa kegiatan Sidang Umum ini berperan dalam menetapkan kebijakan-kebijakan yang dimuat dalam AD/ART dan GBHO yang menjadi landasan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Mercu Buana dalam menjalankan kepengurusan periode 2020/2021.Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 15,16, dan 17 Desember 2020 yang dilakukan via online, melalui zoom meeting. Kegiatan ini dilakukan dengan mengikutsertakan seluruh mahasiswa aktif jurusan Teknik Industri di Universitas Mercu Buana yang melibatkan Angkatan 2017, Angkatan 2018, Angkatan 2019, dan Angkatan 2020. Kegiatan pertama yaitu pemaparan Laporan Pertanggung Jawaban Himpunan Mahasiswa Teknik Industri periode 2019/2020, yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar Laporan Pertanggung Jawaban. Selanjutnya dilakukan sidang Anggaran Dasar (AD), sidang Anggaran Rumah Tangga (ART), dan sidang Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO). Terakhir, dilakukan pengesahan AD, ART, dan GBHO.

Read More

Keikutsertaan MBEC dalam English Competition “LOVE-Comp dan EERIE 2020 “

Dalam rangka mengembangkan potensi Mahasiswa/i Universitas Mercu Buana dalam bidang Bahasa Inggris, Maka anggota Mercu Buana English Club (MBEC) mengikuti lomba di bidang Bahasa Inggris yaitu Express and Explore Life in English (EERIE) yang diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 20 Oktober 2020 dengan memanfaatkan platform online (Google Drive) yang telah disediakan oleh penyelenggara sebagai wadah pengumpulan karya para delegasi. MBEC mengirim 2 delegasi: Sharli Fitria (Speech) dan Inessia Melinda (Speech). Pemenang dari kompetisi ini diumumkan melalui Zoom Meeting dan Official Instagram EERIE (@eerie.eos) pada Sabtu, 31 Oktober 2020.

Read More

Direktorat Kemahasiswaan Mercu Buana Membangun Gerakan Anti Korupsi Melalui Organisasi Mahasiswa

Direktorat Kemahasiswaan mengadakan Webinar mengenai  “Membangun Rasa Malu Korupsi Melalui Organisasi Kemahasiswaan” dengan Pembicara Dr.M.Busyro Muqoddas (Ketua KPK 2010-2014) yang diadakan pada Selasa, 29 Desember 2020 melalui  Zoom Meeting.

Dalam Pendidikan Anti Korupsi Perguruan Tinggi menyebutkan bahwa penyebab korupsi dapat dibagi menjadi dua faktor internal dan faktor eksternal. Berbagai faktor baik yang bersifat struktural, instrumen pendukung dan hambatan manajemen terdapat satu hambatan yang bersifat kultural yang bersumber dari kebebasan negatif yang berkembang di masyarakat, sehingga persoalan korupsi di Indonesia dapat dikatakan sebagai masalah krusial yang menghadang visi dan misi perguruan tinggi.

Pendaftaran webinar melalui http://bit.ly/PendidikanAntiKorupsi. Pembekalan Pendidikan Anti Korupsi ini diadakan untuk Pengurus Organisasi Mahasiswa.

Read More